Langsung ke konten utama

Hubungan Volume Bola dan Volume Tabung

LEMBAR KERJA SISWA
Diajukan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Model Pembelajaran Matematika
Dosen,
Dra. Tiurlina, M.Pd.

Disusun oleh,
Asti Khotimah                          (1100450)
Sunny Sufiyah                          (1100533)
Siti Herlina                                (1102813)
Apriliani                                    (1103856)
        
          Kelas/Semester  :   Matematika/6



logo-upi2.jpg
 


                                                                              






PROGRAM STUDI S1 PGSD
Universitas Pendidikan Indonesia
Kampus Serang
2014

LEMBAR KERJA SISWA
                       
Bidang Studi               : Matematika
            Topik                           : Hubungan Volume Bola dan Volume Tabung
            Kelas / Semester          : VI / 1
            Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit

Petunjuk :
1.      Siapkan alat dan bahan berupa bola plastik, serutan kayu, cutter, penggaris, gunting, dan karton.
2.      Potonglah bagian tengah bola plastik hingga terbagi menjadi 2 bagian sama besar.
3.      Masukkan serutan kayu ke dalam Tabung sampai penuh, kemudian pindahkan pada setengah bola sampai penuh.
4.      Ulangi kegiatan 3 di atas sampai serutan kayu dalam tabung habis.
5.      Hitunglah berapa kali serutan kayu dalam tabung dipindahkan ke dalam bola..
6.      Tuliskan rumus volume bola dan volume tabung, dan buatlah kesimpulan dari percobaan tersebut.


 Rumus:
Volume  Tabung   = πr^2 x  2r               2r = Tinggi Tabung
                            =2πr^3                              Tinggi tabung = 2 x jari-jari
Volume 1 Tabung =  3 x 1/2  Volume bola
Volume 1/2  bola  =   1/3   x Volume Tabung
                            =   1/3  x 2πr^3 
                            =  2/3  πr^3
Volume 1 Bola     = 2 x Volume  1/2  bola
                            = 2 x  2/3  πr^3
Volume 1 Bola     =  4/3  πr^3
Volume Tabung    =2πr^3
Volume1/2  bola   = 2/3  πr^3
Volume Tabung    = 3 x 1/2  Volume bola
2πr^3                   = 3 x 2/3  πr^3
2πr^3                   = 6/3  πr^3
2πr^3                   = 2 πr^3
Jadi, Volume Tabung = 3 x1/2  Volume bola.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Apresiasi Sastra Sekolah Dasar

BAB II PEMBAHASAN A.     HAKIKAT SASTRA ANAK 1.       PENGERTIAN, SIFAT, DAN HAKIKAT SASTRA ANAK Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita mendengar orang menyebutan atau mengucapkan ata sastra anak, cerita anak atau bacaan anak. Namun kenyataannya, istilah sastra anak dalam beberapa kamus istilah sastra, seperto Kamus Istilah Sastra ( Panuti Sudjiman, 1990: 71-72) dan Kamus Istilah Sastra ( Abdul Rozak Zaidan, et al. 1994: 181-184), tidak ditemukan lema itu. Demikian juga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 1998: 786-787) atau Kamus Bahasa Indonesia Besar (Kamisa, 1997: 473) pun tidak kita temukan lema atau sublema sastra anak. Kata sastra anak merupakan dua patah kata yang dirangkaikan menjadi satu kata sebut, yaitu dari kata sastra dan kata anak. Kata sastra berarti ‘karya seni imajinatif dengan unsure estetisnya dominan yang bermediumkan bahasa’ (Rene Wellek, 1989). Karya seni imajinatif yang bermedium bahasa itu dapat dalam bentuk tertulis ataupun dalam bentuk li

REFLEKSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD

            Pembelajaran Bahasa Inggris di SD hendaknya menggunakan metode yang menarik. Anak memulai belajar bahasa sejak kecil. Anak belajar bahasa dari lingkungan sekitar. Lingkungan keluarga sangat berpengaruh besar terhadap belajar bahasa anak. Karena anak akan meniru bahasa yang ada di sekelilingnya, terutama apa yang diucapkan oleh Ibunya. Jadi Ibu atau orang tua harus lebih berhati-hati dalam berkata, dan menjaga apa yang ia katakana agar tidak keluar kata-kata yang kasar. Contohnya saja balita yang sering mendengar Ibunya mengucapkan kata “Mama” ia akan mengikuti apa yang dikatakan oleh ibunya tersebut, dengan pelafalan yang terbata-bata seperti “ma..ma..ma..ma”.             Selain mengajarkan bahasa Ibu (Indonesia), kita juga harus mengajarkan bahasa inggris sedini mungkin. Sebagai calon guru kita harus mempunyai metode yang menarik dalam  pembelajaran yang akan diterapkan dalam mengajar Bahasa Inggris nanti. Bahasa Inggris harus diperkenalkan sejak dini, karena Bahasa I