A. Profil Sekolah
SDIT Tamaddun merupakan
salah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu yang ada di Kota Cilegon tepatnya di Jl.
Kh Abdul Latif No. 128 Palas. SDIT Tamaddun berdiri sejak tahun 2005. Adapun
profil lengkapnya yaitu sebagai berikut:
1.
MOTO
" Cerdas, Mandiri, Kreatif "
2.
VISI
Terciptanya Lembaga Pendidikan Dasar Yang Terbaik
Dalam Berprestasi , Berakhlak Mulia, Mandiri dan Kreatif
3.
MISI
·
Menyelenggarakan Pendidikan Dasar Yang Islami
·
Membentuk
Karakter Mandiri dan Berprilaku Sesuai dengan Tuntunan Alqur'an dan Sunah
·
Memberi
bekal Pengetahuan dan Ketrampilan untuk Tumbuh dan Berkembang secara Optimal
4.
TUJUAN
·
Mengetahui dasar-dasar Ilmu Agama dan Teknologi
sebagai bekal melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
·
Mampu membaca Alqur'an secara Tartil dan Benar
·
Hafal Alqur'an Juz 30
·
Mengamalkan sunah-sunah utama Rasul
B. Nama-Nama Siswa
No.
|
Nama Siswa
|
Kelas
|
Asal Sekolah
|
1
|
Aisyah Hanifah
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
2
|
Azizah
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
3
|
Azriel
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
4
|
Cikal
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
5
|
Faishal
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
6
|
Fauzan
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
7
|
Fidiya F.Z
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
8
|
Gofur
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
9
|
Ilham
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
10
|
Mhafidh
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
11
|
Midad
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
12
|
Naja
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
13
|
Nasywa Alifatunnisa
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
14
|
Rafi
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
15
|
Rania Zahira N.F
|
Lima
|
SDIT Tamaddun
|
C. Soal
1. Adi akan pergi bermain ke rumah Syarif dengan
menggunakan sepeda. Jarak yang ditempuh dari rumah Adi ke rumah Syarif adalah
20 km. Sedangkan jarak pada peta yang Adi buat adalah 10 cm. Adi ingin membuat
skala. Berapakah skalanya?
2. Perbandingan
banyak uang Nina dan
uang
Dini
adalah 3 : 5. Selisih uang Nina
dan Dini
adalah Rp15.000,00. Dini ingin
menghitung jumlah uangnya dan uang Nina. Berapakan uang mereka?
D.
Prediksi
1.
Skala
= jarak sebenarnya : jarak pada peta
=
20 : 10
= 2 : 1
Skala = 1
: 2
2.
Perbandingan uang Nina dan uang Dini = 3 : 5
Selisih uang Nina dan Dini adalah Rp15.000
Uang Nina =3/5 x 15.000 = 9.000
Uang Dini = 5/3 x 15.000 = 25.000
Jadi, Jumlah Uang semuanya = Rp.34.000
E. Hasil Pembahasan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan
di SDIT Tamaddun Cilegon dengan jumlah responden sebanyak 15 siswa, diketahui Learning Obstacle pada konsep
Perbandingan dan Skala pada siswa SDIT
Tamaddun adalah sebagai berikut:
·
Learning
Obstacle terkait pemahaman terhadap konsep skala dan perbandingan (tipe 1)
·
Learning
Obstacle terkait pemahaman konteks dalam soal cerita (tipe 2)
Learning Obstacle tipe 1
Learning
Obstacle untuk tipe 1, terkait dengan makna konsep skala dan perbandingan.
Maksudnya adalah siswa belum mampu memahami skala dan perbandingan.
Berikut salah satu contoh soal dan
respon siswa:
“Adi akan pergi bermain ke rumah Syarif dengan
menggunakan sepeda. Jarak yang ditempuh dari rumah Adi ke rumah Syarif adalah
20 km. Sedangkan jarak pada peta yang Adi buat adalah 10 cm. Adi ingin membuat
skala. Berapakah skalanya?”
Hambatan belajar siswa
dapat terlihat pada respon siswa berikut:
Pada gambar di
atas dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa masih belum memahami akan konsep dari
skala.
Learning Obstacle tipe 2
Learning
Obstacle tipe 2 yang muncul pada konsep skala dan perbandingan, terkait konteks
dalam soal cerita. Artinya, siswa tidak memahami maskud dari soal yang
diberikan dalam bentuk cerita sehingga ia kesulitan dalam menjawab soal skala
dan perbandingan senilai yang disajikan dalam konteks cerita. Hambatan belajar
pada konteks soal cerita dapat dilihat pada gambar berikut:
Beberapa siswa masih salah dalam
menjawab soal tersebut. Hal ini disebabkan lemahnya pemahaman konteks siswa
tentang konsep skala dan perbandingan. Siswa tidak terbiasa dengan kontekas
soal cerita tersebut.
F. Cara Penyelesaian
Setelah diperoleh beberapa learning
Obstacle terkait konsep skala dan perbandingan pada pembelajaran matematika
sekolah dasar, maka kami memberikan cara yang digunakan dalam menyelesaikan
soal tentang skala dan perbandingan. Adapun rekomendaasi cara yang kami berikan
yaitu:
Soal Nomor 1
“Adi akan pergi bermain ke rumah Syarif dengan
menggunakan sepeda. Jarak yang ditempuh dari rumah Adi ke rumah Syarif adalah
20 km. Sedangkan jarak pada peta yang Adi buat adalah 10 cm. Adi ingin membuat
skala. Berapakah skalanya?”
Langkah yang perlu
dilakukan yaitu:
·
Merinci soal terlebih dahulu, artinya melihat apa yang
diketahui dan apa yang ditanyakan.
·
Melihat satuan yang ada, apakah masih sama atau tidak.
Jika satuannya berbeda, maka samakan terlebih dahulu.
Diketahui : Jarak sebenarnya = 20 km = 2.000.000 cm
Jarak pada peta =
10 cm
Ditanyakan : Skala?
Jawab :
Arti : JS =
Jarak Sebenarnya
S =
Skala
JP =
Jarak pada peta
Skala = Jarak Sebenarnya/Jarak pada p
= 2.000.000/10
= 200.000/1
= 1 : 200.000
Jadi,
skala adalah = 1 : 200.000
Soal Nomor 2
“Perbandingan
banyak uang Nina dan
uang
Dini
adalah 3 : 5. Selisih uang Nina
dan Dini
adalah Rp15.000,00. Dini ingin
menghitung jumlah uangnya dan uang Nina. Berapakan
uang mereka? “
Langkah yang perlu
dilakukan yaitu merinci soal terlebih dahulu, artinya melihat apa yang
diketahui dan apa yang ditanyakan. Dalam soal ini kita dapat menggunakan kotak
perbandingan.
|
Nina
|
Dini
|
Jumlah
|
Selisih
|
Perbandingan
|
3
|
5
|
3
+ 5
=
7
|
5
– 3
=
2
|
Diketahui
|
|
|
|
Rp. 15.000
|
Ditanyakan
|
?
|
?
|
?
|
|
Jawab:
Uang Nina = 3/2 x 15.000 = 22.500
Uang Dini =5/2 x 15.000 = 37.500
Jumlah uang Nina dan Dini adalah Rp.
22.500 + Rp. 37.500 = Rp. 60.000
Lampiran
Komentar
Posting Komentar